Dalam
menjalankan sebuah usaha, tentunya semua orang menginginkan produk yang mereka
tawarkan bisa diterima pasar dan laris manis diserbu para konsumen. Namun
sayangnya, sampai hari ini masih banyak pelaku usaha yang memiliki produk bagus
tapi belum didukung dengan strategi pemasaran yang efektif. Sehingga tingkat
penjualan produk yang didapatkan juga belum bisa maksimal.
Kondisi
ini tentu menjadi salah satu bukti, bahwa strategi pemasaran menjadi kunci
utama kesuksesan sebuah usaha. Begitu juga dalam menjalankan bisnis jamur,
sebagus apapun kualitas hasil panen yang Anda produksi, tidak akan menghasilkan
untung besar bila pemasarannya masih belum lancar. Karenanya, sebisa mungkin
buatlah strategi pemasaran yang efektif agar penjualan produk jamur Anda bisa
terus meningkat setiap harinya.
Nah,
untuk mengetahui bagaimana cara efektif meningkatkan penjualan produksi jamur mari
kita bahas bersama beberapa poin penting yang perlu diperhatikan pelaku usaha
ketika mengkomunikasikan produk jamurnya kepada calon konsumen.
Pertama, dapatkan perhatian dari para konsumen. Penting bagi Anda
untuk menawarkan produk jamur dengan cara yang unik dan menarik. Bila pesaing
Anda hanya menggunakan kantong plastik untuk mengemas produk jamurnya, Anda
bisa meraih perhatian konsumen dengan menggunakan styrofoam sebagai pengemasnya
dan melengkapi produk tersebut dengan label atau merek untuk membedakan produk
Anda dengan pelaku usaha jamur lainnya.
Kedua, bangun loyalitas konssumen Ketika para konsumen mulai
tertarik dan menerima keberadaan produk Anda, selanjutnya pertahankan
kepercayaan mereka dengan memberikan produk jamur yang benar-benar berkualitas.
Hal ini penting agar mereka tidak segan untuk kembali membeli produk Anda, dan
tidak berpaling ke produsen jamur lain.
Ketiga, selain menawarkan produk unggulan, berikan pelayanan
terbaik bagi para konsumen Anda. Perhatikan keinginan dan kebutuhan yang mereka
cari, layani dengan sepenuh hati dan berikan kemudahan kepada mereka untuk
mendapatkan produk Anda. Bila perlu buka layanan hotline selama 24 jam
nonstop dan berikan fasilitas delivery order bagi konsumen dalam kota.
Keempat, hadapi komplain konsumen dengan rendah hati. Ketika Anda
menawarkan sebuah produk, sudah menjadi hal biasa bila ada sebagian kecil
konsumen yang komplain ataupun melakukan penolakan. Umumnya komplain terjadi
apabila harga produk terlalu mahal atau produk jamur Anda kurang memuaskan
konsumen, menghadapi hal tersebut sebaiknya Anda tidak harus marah-marah atau
tidak mau tahu dengan permasalahan mereka. Jadikan komplain konsumen sebagai bahan
evaluasi Anda, dan berikan solusi terbaik atas permasalahan yang mereka hadapi.
Kelima, manfaatkan testimonial pelanggan untuk meyakinkan pasar.
Melalui pelayanan terbaik dari para pelaku usaha, tidak menutup kemungkinan
bila kepuasan konsumen pun akan tercapai. Apabila kondisi tersebut sudah
tercapai, testimonial yang diberikan para pelanggan menjadi salah satu alat
promosi yang cukup ampuh untuk meyakinkan calon konsumen lainnya. Jadi usahakan
untuk selalu mementingkan pelayanan prima bagi setiap konsumen, agar testimoni
yang disampaikan mereka juga semakin positif.
Keenam, manjakan pelanggan dengan memberikan bonus atau potongan
harga khusus untuk pembelian jamur dalam jumlah banyak. Tidak ada salahnya bila
Anda memberikan bonus tambahan produk atau memberikan harga khusus bagi para
pelanggan yang melakukan transaksi dalam jumlah besar. Tetapi sebelumnya,
pastikan terlebih dahulu besar kecilnya bonus yang akan diberikan. Jangan
sampai strategi tersebut malah menimbulkan kerugian bagi bisnis jamur yang Anda
jalankan.
Setelah
membahas beberapa cara pemasaran untuk meningkatkan penjualan jamur,
selanjutnya giliran Anda untuk mempraktekan langsung strategi tersebut di dalam
menjalankan usaha. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi para pembaca,
teruslah berinovasi dan ciptakan strategi baru untuk memasarkan produk jamur
Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar